Preview Wii
Final Fantasy Crystal Chronicles ~The Crystal Bearer~
Release Date : 31 Desember 2009
Publisher : Square Enix
Developer : Square Enix
ESRB : E
Genre : Action Adventure
Petualangan Layle, sang Crystal Bearer!
Final Fantasy Crystal Chronicles adalah sekuel keenam dari serial Crystal Chronicles yang rilis ekslusif untuk konsol Nintendo. Setting cerita FF Crystal Chronicles kali ini berkisar ribuan tahun setelah Crystal Chronicles pertama. Diceritakan bahwa suku Yuke sudah punah akibat perang besar perebutan Kristal berabad-abad lalu. Kali ini, suku Lilty yang merasa dirinya superiorlah yang menguasai seluruh dunia dan membawa dunia ke era sains dan mesin. Di era ini pulalah, muncul adanya ras peranakan baru bernama Crystal Bearer, ras yang memiliki kemampuan mengendalikan Kristal dan ditakuti oleh orang-orang.
Tokoh utama game ini adalah Layle, seorang Crystal Bearer dari suku Clavat dan Althea, seorang putri raja para Lilty, Alexus. Alkisah, Amidatelion, Crystal Bearer dari suku Yuke yang masih tersisa berniat membalas dendam dengan suku Lilty dengan menculik Althea di kapal Alexis II saat kebetulan saja Layle berada disana untuk mengawalnya. Layle yang tak tahu menahu apapun, harus terlibat dalam perang kedua suku ini. Nantinya, Layle dan Althea akan bertemu dengan Keiss, partner Layle dari suku Selkie. Juga Jegran, Chief of Staff dari kerajaan Lilty dan Bell, wanita berambut coklat dari suku Selkie yang selalu membawa kameranya. Dapatkah Layle menyelamatkan Althea dan mendamaikan kedua suku? Ataukah ia harus berpihak kepada salah satu suku nantinya?
Layle sendiri memiliki kemampuan mengendalikan gravitasi yang dimiliki karena ia memikiki kapabilitas seorang Crystal Bearer. Dari trailer yang ditunjukkan, Layle bisa menggunakan kekuatannya untuk menangkat dan melempar berbagai benda dan musuh!! Iya, musuh pun juga bisa dilempar olehnya. Selain itu juga, Layle bisa menggunakan alat berjenis Grappling Hook untuk menjelajahi tempat-tempat tinggi. Ia juga bisa menggunakan cambuk untuk menekan tombol yang digunakan untuk membuka pintu dari jauh, sangat berguna kalau ada pntu yang tombolnya tidak dapat dijangkau secara langsung oleh Layle.
Musuh juga bisa memberikan macam-macam reaksi yang berbeda apabila kamu menyerangnya, apabila kamu menyerang Cactuar dengan serangan berelemen air, maka ia akan membesar. Atau kalau kamu menyerang Bomb dengan elemen api, maka nantinya ia juga akan membesar dan meledak! Wow…. Masih banyak jenis reaksi musuh yang akan bereaksi apabila kamu menyerangnya dengan elemen tertentu.
Bahkan tidak hanya itu, banyak sekali reaksi yang ditunjukkan oleh NPC dan monster. Misal kalau kamu melemparkan tulang ke anjing, maka anjing itu tak akan menyerangmu dan bahkan malah diam di tempat memakan tulang tersebut. Kadang juga beberapa jenis monster akan saling menyukai. Kalau kamu semakin popular dalam petualanganmu, maka para NPC wanita di kota, malah akan mengejar-ngejar kamu seperti layaknya superstar! Tidak menutup kemungkinan apabila kamu semakin terkenal, bisa jadi NPC penjual wanita akan menurunkan harga dan mungkin NPC penjual pria yang sebal dengan popularitasmu malah akan menaikkan harga. Cape dah…
Sistem pertarungan akan berjalan di tempat seperti layaknya game action biasa. Dan konyolnya, game ini tidak mengenal system Experience Point yang digunakan untuk naik level. Layle akan menjadi semakin kuat berdasar equipment yang kamu pakaikan ke dia, jadi, mengumpulkan uang untuk membeli equipment baru akan sangat vital disini. Selain itu, ada kemungkinan beberapa jenis equip akan mempengaruhi pakaian yang dipakai Layle. Lumayanlah, ada juga RPG yang tokoh utamanya mau berganti pakaian sepanjang permainan… Untuk mempermudah petualangan, nantinya akan ada Chocobo yang bisa kamu tunggangi kok, jadi tenang saja!
Grafik dalam game ini terkesan dewasa, tidak seperti FFCC lainnya yang karakternya masih kecil semua. Dari segi kualitas, kelihatan bahwa Square Enix serius dalam membuat game ini, sebab dari screenshot yang nampak, detil dan kualitas event in game sangatlah bagus. Selain itu, FMV yang cukup banyak juga siap kamu tonton sepanjang perjalanan. Musiknya masih dikomposisi oleh composer setia serial FFCC, Kumi Tanioka. Game ini sendiri juga memiliki Voice Acting yang membuat setiap karakter menjadi semakin terasa hidup.
Game yang memakan waktu pembuatan hingga lebih dari 4 tahun ini (diumumkan di E3 2005, dan bahkan majalah game Jepang, Famitsu edisi April 2009 mengatakan bahwa game ini masih 60% proses pembuatan). Walau perubahan fitur multiplayer menghilang dan kembali ke era single player seperti FFCC di GameCube dulu, namun dari kualitas screenshot dan trailer yang diberikan, game ini sangat layak ditunggu nantinya!
(Hatta Matsuda – kisaragi_chan2002@yahoo.com)
Kamis, 09 Juli 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
rVn-Musikindo
Japanese CD for sale : http://rvn-musikindo.blogspot.com
rVn-Musikindo official site : http://rvn-musikindo.web.id
hi :)
BalasHapus